Label

Sabtu, 31 Januari 2015

Hikmah Pohon Bambu Cina

 

Kamu tahu pohon bambu Cina? Yang biasa jadi makanannya Panda. Ups, salah fokus, kita tidak akan membahas tentang hewan panda.
Jika kamu termasuk orang yang tidak sabar menunggu pertumbuhan tanaman, mungkin pohon bambu Cina sudah menjadi korbanmu. Tahukah kau? Pohon bambu Cina tidak akan menujukkan pertumbuhan yang berarti selama 6-7 tahun pertama, mungkin hanya beberapa centimeter saja. Tapi,setelah waktu tersebut, ia tumbuh sangat cepat dan ukuran pertumbuhannya bukan lagi centimeter melainkan meter.
Sebenarnya apa sih yang terjadi dengan pohon bambu itu? Jadi begini. Selama 6-7 tahun pertama, ia bukanya tidak mengalami pertumbuhan, hanya saja kita tidak melihat pertumbuhannya secara kasat mata. Fokus pertumbuhan bambu Cina di waktu tersebut adalah pada akarnya, bukan batang. Pohon babu cina sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter. Bayangkan jika pohon bambu Cina tidak mempunyai akar yang cukup kuat untuk menopang ketinggiannya. Sedikit tiupan angin saja akan membuatnya tumbang. Nah, dari sinilah kita bisa mengambil hikmah.
Jika kau (ataupun aku) seringkali mengalami kegagalan dan merasa jauh sekali dari kesuksesan yang kamu impikan,bukan berarti kita tidak memiliki perkembangan, justru bukan tidak  mungkin kita sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri. Mental kita sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan. Sama halnya dengan pohon bambu Cina itu.
Jika kita hanya mengharapkan hasil yang instan, apapun itu, nasib kita hanya seperti pohon bambu Cinya yang tidak memiliki akar kuat. Sedikit goncangan saja, kita mudah jatuh. Jadi, tetap bersyukurlah dengan segala kesulitan yang kita hadapi, karena kita akan meperoleh kekuatan darinya. Ingat, usaha apapun itu meskipun gagal, tidak akan pernah sia-sia. Allah sedang mengajarkan sesuatu yang lebih besar daripada sekadar kegagalan itu. Tetap semangat berproses ya, jangan mengeluh! ^^

#share from WhatsApp
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar