Label

Sabtu, 06 September 2014

Mahar Paling Mulia

Kalian kenal Ummu Sulaim? Yaah, minimal pernah mendengar namanya? Siapa ya dia?

 Ummu Sulaim ra., salah satu wanita mulia yang dijamin masuk surga, yang mengajari kita tentang pernikahan dalam konteks dakwah. Dia menjadikan keislaman suaminya sebagai mahar dalam pernikahan.

Dalam kitab Imam An-Nasai, dikisahkan pinangan Abu Thalhah pada Ummu Sulaim. Ia mengatakannya melalui putra Ummu Sulaim. Sungguh Abu Thalhah telah melamar Ummu Sulaim. Maka Ummu Sulaim berkata, " Demi Allah, tiada mungkin seorang seperti dirimu wahai Abu Thalhah, akan ditolak lamarannya. Tetapi engkau adalah laki-laki kafir, sedangkan aku seorang wanita muslimah. Tiada halal bagiku untuk menikah denganmu. Tapi jika engkau masuk islam, maka itulah maharku, dan aku tidak akan meminta padamu selain itu."

Maka Abu Thalhah masuk islam, dan itulah mahar pernikahannya dengan Ummu Sulaim. Tsabit, salah seorang perawi hadits berkata, " Aku belum pernah mendengar sama sekali seorang wanita yang lebih mulia maharnya daripada Ummu Sulaim, yakni islam. Setelah Abu Thalhah masuk islam dan mereka menikah, mereka dikaruniai seorang anak." (HR. An-Nasai)

Subhanallaah, jangan dikira itu menunjukkan rendahnya kualitas diri Ummu Sulaim. Justru itulah mahar terindah bagi pernikahan mereka. Semoga kita termasuk perempuan yang meminta mahar berkualitas di hadapan Allah. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar